Apa Itu Hipnosis?

Saya yakin, Anda pasti pernah mendengar kata hipnosis,hipnotis,atau hipnotisme. Masing-masing orang mempunyai pandangan atau pemahaman yang berbeda saat mendengar kata-kata ini. Pemahaman yang berbeda ini muncul dari pengalaman atau informasi yang didapat dari membaca koran,majalah,menonton acara TV yang menampilkan hipnosis, atau mungkin Anda sendiri pernah mengalami hipnosis

Apa sih hipnosis itu? Sebenarnya setiap hari kita mengalami kondisi hipnosis. Anda pasti pernah menonton film, bukan? Saat adegan film sedang seru-serunya Anda pasti merasa tubuh Anda menjadi tegang,nafas berubah,dan jantung berdebar lebih kencang. Mengapa? Bukankah Anda tahu bahwa yang sedang Anda tonton bukan suatu kejadian nyata? Pikiran sadar Anda tahu kalau itu bukan sesuatu yang nyata, namun pikiran bawah sadar Anda menerima yang Anda lihat dan alami sebagai sesuatu yang nyata.
Saat menonton film, perhatian Anda sangat terpusat pada apa yang sedang berlangsung dilayar sehingga Anda memblock suara-suara lain, misalnya suara batuk penonton lainnya, atau suara handphone yang berbunyi. Pada saat itu, Anda sangat sadar pada keberadaan diri Anda yang sedang menonton film. Semua sensasi atau perasaan yang Anda rasakan saat menonton film, misalnya perasaan sedih,gembira,kecewa,marah,jengkel, atau bahagia merupakan hasil kerja pikiran bawah sadar Anda. Saat itu Anda sebenarnya berada dalam kondisi hipnosis.

Lalu apakah Anda dikendalikan oleh film yang Anda tonton? Tentu tidak! Film itu tidak mengendalikan diri Anda tetapi mengarahkan pikiran Anda pada alur ceritanya.
Inilah yang sebenarnya dimaksud keadaan hipnosis atau trance.
Banyak orang salah dalam menggunakan istilah hipnotis dan hipnosis. Kata hipnosis dalam bahasa Inggris adalah hypnosis atau hypnotism (hipnotisme). Kata hipnosis, menurut Kamus Encarta memiliki makna:

1. suatu kondisi yang menyerupai tidur yang dapat secara sengaja dilakukan oleh orang, diamana mereka memberikan respon pada pertanyaan yang diajukan dan sangat terbuka dan reseptif terhadap sugesti yang diberikan hipnotis (yang melakukan hypnosis)
2. teknik atau praktik dalam mempengaruhi orang lain untuk masuk kedalam kondisi hipnosis.

Para pakar hypnosis masing-masing memberikan defenisi mereka untuk kata hipnosis. Beberapa defenisi itu, antara lain:

1. hipnosis adalah suatu kondisi dimana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitas menjadi tinggi,
2. hipnosis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang sehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak,
3. hipnosis adalah seni eksplorasi alam bawah sadar,
4. hipnosis adalah kondisi kesadaran yang meningkat ,
5. hipnosis adalah suatu kondisi pikiran yang dihasilkan oleh sugesti.

Dan hipnotis adalah seorang yang melakukan hypnosis , sama seperti pianis yaitu orang yang memainkan piano.

Dikutip/sumber dari : buku “HYPNOSIS” The Art Of Subconscius Mind Communication.

Terima Kasih,
Created By : Fachrin Xavier Rafael

Iklan

Tentang thefantasypress

I am founder of Fantasy Company
Pos ini dipublikasikan di Hypnosis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s